Skip to content

11 Cara Mencegah Kutu Rambut

Cara Mencegah Kutu Rambut

11 Cara Mencegah Kutu Rambut – Sekolah kembali dalam sesi, dan itu membuat saya menggaruk-garuk kepala. Mengapa? Karena infestasi kutu kepala paling sering terjadi pada anak-anak usia prasekolah atau sekolah dasar dan pengasuh mereka. Bahkan, menurut CDC, diperkirakan 6-12 juta anak usia 3 hingga 11 tahun mendapatkan kutu setiap tahun.

Namun, berbeda dengan pendapat umum, kutu yang mengontrak tidak ada hubungannya dengan kebersihan. Siapa pun dapat terserang hama pengisap darah kecil ini! Biasanya ini terjadi melalui kontak langsung kepala ke kepala, tetapi para pengacau kecil telah dikenal untuk melompat ke pakaian, mainan, dan jok. Namun, jangan panik; sementara kutu cukup menjijikkan, mereka tidak menyebabkan masalah selain gatal. Jika itu terjadi, itu terjadi tetapi Anda dapat mengurangi risiko Anda dengan 11 trik dan tips sederhana ini untuk mencegah kutu rambut.

11 Cara Mencegah Kutu Rambut

1. Biasakan Diri Anda dengan Musuh

Saya harus mengakui bahwa sebelum saya melihat gambar-gambar di buku tata rias saya di sekolah kecantikan, saya tidak tahu seperti apa kutu itu. Saya tahu, itu memberi saya jeebies heebie juga, tapi itu ide yang baik untuk mengetahui apa yang Anda cari. Google “kutu kepala” untuk lebih banyak gambar.

2. Lakukan Pemeriksaan Kepala Rutin

Karena kutu berukuran kecil dan cepat, infestasi biasanya diidentifikasi dengan adanya telur kutu. Telur kutu ini melekat pada helaian rambut dan lebih mudah dikenali. Jika mudah dihapus, itu mungkin hanya ketombe atau serat. Periksa anak Anda sekali seminggu dan perhatikan baik-baik garis rambut belakang dan belakang telinga, di mana kutu cenderung padat. Diperlukan waktu hingga 6 minggu untuk mengalami gatal!

3. Anjurkan Anak-Anak Anda Untuk Tidak Membagi Topi

Kutu dapat hidup selama 1-2 hari tanpa tuan rumah dan dapat ditransfer melalui topi, helm, ikat kepala, headphone, kostum, hoodies, mantel, dan syal.

4. Jaga Sikat Rambut Terpisah

Ibu mertua saya memiliki ide cerdik untuk mendapatkan semua cucunya sikat mereka sendiri dan menyimpannya dalam kantong berlabel Ziploc. Cobalah trik ini jika Anda memiliki lebih dari satu anak di rumah, dan pastikan untuk memisahkan aksesoris rambut.

5. Berlatih Menginap dengan Aman

Hosting menginap di rumah Anda? Salah satu ide cerdas untuk menghindari penyebaran kutu adalah mengatur anak-anak dalam pola bunga atau bintang dengan kaki bersatu di tengah.

6. Gunakan Shampoo Dan Kondisioner Untuk Pencegahan Kutu

Kutu dihalau oleh aroma tertentu, seperti minyak pohon teh, mentol, minyak kayu putih, minyak lavender, minyak rosemary, serai, dan serai. Pilih sampo untuk anak Anda dengan aroma apa saja untuk perlindungan tambahan.

7. Gunakan Minyak Atsiri Untuk Menangkal Kutu

Minyak atsiri dapat digunakan di tempat atau di samping sampo dan kondisioner untuk perlindungan tambahan. Campurkan beberapa tetes dengan air dalam botol semprot dan topi spritz, jaket, atau bahkan kepala anak Anda untuk menangkal kutu. Minyak pohon serbaguna, kayu putih, lavender, rosemary, dan serai semuanya akan melakukan trik dan wangi sebagai bonus tambahan.

Baca Juga:  cara menghilangkan kutu rambut

8. Pakaian Spritz Dengan Semprotan Kutu

Semprotan beraroma peppermint ini benar-benar akan membunuh kutu dan telur kutu. Semprotkan pada pakaian, aksesori rambut, bantal, atau barang-barang rumah tangga lainnya yang bersentuhan dengan anak Anda jika Anda curiga mereka terkena kutu.

9. Letakkan Selendang Di Kursi Bioskop atau Kursi Pesawat

Sekarang setelah saya benar-benar membuat Anda takut dan menggaruk-garuk kepala, Anda mungkin berpikir tentang kain yang indah di kursi film, teater, dan pesawat terbang. Karena kutu dapat hidup hingga 1-2 hari tanpa inang, Anda dapat membawa syal untuk dilemparkan ke atas kursi untuk sedikit perlindungan tambahan.

10. Jaga Rambut Diikat

Beberapa bukti menunjukkan bahwa anak perempuan sedikit lebih mungkin terkena kutu daripada anak laki-laki. Menjaga rambut diikat dalam kepang atau roti dapat menurunkan kemungkinan serangan.

11. Gunakan Pengering Pakaian Anda

Jika anak Anda terkena kutu atau memiliki kutu dan Anda ingin mencegah kutu kembali, pastikan untuk membuang tempat tidur, bantal, dan teman berbulu yang ditiduri anak Anda dengan pengering Anda selama minimal 15 menit untuk secara efektif membunuh kutu dan telur kutu.

Baca Juga: Tak Ingin Rambut Rusak? Hindari 6 Kesalahan dalam Menggunakan Hair Dryer Ini

Published inKecantikan